Jenis Virus Komputer dan Penjelasannya



1.  VIRUS WIN32/VITRO

Cara Kerja :
Virus Vitro menyembunyikan dirinya dari semua perlindungan anti-virus dan mginfeksi file yang akan dieksekusi dan virus Vitro me nyuntikan kode dalam proses berjalan dan erat kaitannya dengan fungsi dalam file ntdll.dll yang mentransfer kontor ke virus setiap kali salah satu fungsi dipanggil.

Cara Mengatasi :
Mengatasinya dengan menggunakan Avast Antivirus, namun jika sudah terinfeksi akut maka akan sulit untuk dibersihkan.
atau
Buka Task Manager kemudian ke Tab Process lalu cari Win32.vitro dan klik kanan pilih End Process.
Kemudian masuk ke Start – Run – ketik “rgedit” dan enter. Masuk ke director ke directory HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Win32.Vitro dan kemudian klik kanan pilh delete.
2.  VIRUS INF/AUOTRUN-GEN

Cara Kerja :
AutoRun.INF virus akan menyebar secara otomatis melalui sistem ketika memasukan flash drive yang terinfeksi ke dalam komputer dan Gen digunakan untuk menguraikan serangkaian malware yang menggunakan file AutoRUn sebagai cara untuk mengkonfirmasi komputer-PC target yang berhasil diserang.

Cara Mengatasi :
Menggunakan Autorun Virus Remover  akan memindai, memblokir dan menghapus semua virus autorun yang terdapat dalam flash drive sebelum menginfeksi kedalam komputer.


3.  VIRUS VBS:Agent-KZ

Cara Kerja :
Virus VBS dapat mengacak-acak sistem regedit komputer yang diinfeknya, bahkan ada yang menghapus file-file. virus VBS dapat berjalan dengan memanfaatkna aplikasi penjalannya yaitu wscript.exe yang ada pada directory c:\windows\system32. file ini sangat berpengaruh pada semua file yang terinfeksi .vbs.

Cara Mengatasinya :
Buka Run – Notepad dan ketika script berikut :
dim reg
set reg=creatobject (“wscript.shell)
re.regwrite “HKLM\software\microsoft\windows NT\currentversion\image file execution options\wscript.exe\debugger”,ntsd-d,”REG_SZ”
kemudian simpan dengan nana vbsKiller.vbs dengan save as type All Files dan kemudian jalankan file yang disimpan tadi.
Previous
Next Post »