DUO NGAPRAK AROUND THE JAVA - KELILING JAWA DARI KEPUH SAGA BALARAJA TANGERANG BANTEN

KELILING JAWA DARI KEPUH SAGA BALARAJA TANGERANG BANTEN

Logo Duo Ngaprak

Route Duo Ngaprak

Kami DUO NGAPRAK yaitu Adhoel n Oemank, akan sedikit menceritakan perjalanan 2.300 Km selama 8 hari kami keliling Pulau Jawa dalam  rangka wisata religi ziarah makam  9 Wali dan berwisata jasmani menajajal ekstrimnya lautan pasir Gunung Bromo, dan perjalanan ini kami namakan DUO NGAPRAK AROUND THE JAVA, karena sekitar 60 Kabupaten / Kota dan 6 Provinsi yang berada di Pulau Jawa kami sambangi.

Hari itu Selasa 27 Juli 2017 tepat 3 hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1438 H, kami mempersiapkan segala kebutuhan perjalanan kami. Mulai dari mengoprek Motor Vixion milik Bro Oemank sampai mempersiapkan pakaian dan makanan juga tidak lupa uangpun disiapkan. :0.

Ngoprek Yamaha Vixion Bro Oemank

Tepat pukul 21.00 WIB kami start perjalanan dari rumah tepatnya di Kp. Kepuh Ds. Saga Kec. Balaraja Kab. Tangerang Provinsi Banten menuju Makam Sunan Gunung Jati yang berada di Cirebon Jawa Barat. Setelah meninggalkan Provinsi kami sendiri yaitu Provinsi Banten kemudian kami memasuki Provinsi DKI Jakarta  yang tetap dengan keramaian tiada henti meskipun masih dalam suasana lebaran, setelah melewati keramaian ibu kota kamipun memasuki Provinsi Jawa Barat yaitu Bekasi.. Oya, Kami lewat Bekasi karena rute yang kami tentukan dalam DUO NGAPRAK AROUND THE JAVA ini yaitu berangkat melalui Jalur Pantura dan pulang melewati Jalur Selatan  Jawa. Sekitar pukul 01.00 kami memasuki wilayah Tanjung Pura Karawang dan rehat sejenak utk ngopi dulu lah biar gak ngantuk...

Ngopi dulu di Tanjung Pura Karawang

setelah itu lanjut jalan lagi sampe Losari kami coba rehat lagi di Posko Mudik Polres Indramayu dan tepat pas Adzan subuh kami tiba di Makam Sunan Gunung Jati Cirebon dan misi pertama Ziarah Makam 9 Wali pun akhirnya tercapai. Oh Iya di Makam Sunan Gunung Jati kami ketemu warga sekampung yang lagi wisata religi ramean naek bus. Setelah ziarah kamipun menuju Wanasaba Sumber Cirebon utk bersilaturahmi ke rumah Mul sekalian numpang istirahat.. hehhee.

Oemank Ngaso di Pos Terpadu Losarang Indramayu

Adhoel Ngaso di Pos Terpadu Losarang Indramayu

Oemank nyampe di Kab. Cirebon

Adhoel Eksis di Gapura Selamat Datang di Kab. Cirebon

Adhoel di depan gerbang Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

Rehat di rumah Mul yang lokasinya di Kec. Sumber Cirebon
aya si Kukik ker ulin ogeh

Setelah kami rasa cukup untuk istirahat dan sholat dzuhur di rumah Mul, akhirnya kami berpamitan dan sekitar pukul 14.00 WIBkami meneruskan perjalanan menuju Demak yaitu untuk berziarah ke Makam Sunan Kalijaga. Sekitar pukul 14.30 kami memasuki wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Kota/Kabupaten yang kami lewati pertama yaitu Kabupaten Brebes yang terkenal dengan sentra Telor Asin Nasional Hehhee, kemudian lanjut perjalanan dan memasuki Kota Tegal sekitar pukul 17.00 dan di sana kami bertemu dengan rombongan touring yang berasal dari Palembang yg hendak menuju Surabaya (Wooowww). Setelah kami mengobrol sejenak dengan mereka kami melangsungkan perjalanan menuju Pemalang dan sekitar maghrib kami tiba di Pemalang dengan kondisi hujan sampai akhirnya kami memutuskan untuk berisitirahat setelah tiba di Pekalongan dan Alhamdulillah di Pekalongan kami menemukan Posko Mudik Polres Pekalongan tepatnya di Asrama Brimob, disitulah kami coba utk mandi sholat dan tidur serta ada yang spesial karena tepat dengan Hari Ulang Tahun ADHOEL yaitu tanggal 29 Juni..horeeeeee.

Duo Ngaprak memasuki Provinsi Jawa Tengah

Tahun lalu kita juga photo di sini Bro waktu mau ke Dieng... hahaha

Anjayyyy.. Fosenya sedep banget bro Oemank

Bro Adhoel tetap dengan jempolnya

Horeee, ketemu kawan satu aspal yang dari Palembang..Wooooowwww

Sampe di Kota Batak....ehh Batik maksudnya..hahaa

Masih tetap dengan jempolnya...sadaaaaap

Posko Mudik Serasa Hotel Bintang 7...Maknyuusssss

Setelah semalam bersitirahat di Pekalongan, selepas sholat subuh kami melanjutkan perjalanan menuju ibukota Jawa Tengah yaitu semarang utk sekalian berwisata di Simpang Lima Semarang dan mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah yang memiliki Kubah hidrolik seperti masjid Nabawi di Madinah Al-Munawaroh, setelah melewati Kabupaten Batang dengan Alas Robannya, sebelum memasuki Kabupaten Kendal tepatnya di keluar masuk pintu tol fungsional Grinsing kami ada sedikit kejadian yaitu senter SWAT kami jatuh di tengah keramaian jalan dan akhirnya kami putuskan utk membiarkannya saja. setelah melewati hamparan sawah yang berada di Kendal, Sekitar pukul 10.00 kami tiba di semarang, setiba di Semarang kami coba untuk service Yamaha Vixion biar lebih joss sambil makan dulu, setelah semua selesai kami coba mengunjungi Simpang Lima Semarang utk berwisata dan mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah utk melaksanakan Sholat Qoshor Dzuhur dan Ashar. Setelah semua selesai kami melanjutkan perjalanan menuju Demak, kurang dari 30 menit dari semarang akhirnya kami tiba di Demak dan langsung mengujungi Masjid Agung Demak dilanjutkan Berziarah ke Makam Suna Kalijaga dan misi kedua Ziarah Makam 9 Walipun terlaksanakan.

Service kuda dulu biar lebih josss gandossss

Duo Ngaprak mejeng di Simpang Lima Semarang..uhuuuyy

Sholat Dzuhur dulu di Masjid Agung Jawa Tengah yg Mirip Masjid Nabawi bro.
Nanti kita Ngaprak ke Masjid Nabawi yang di Madinah Broooo... Amiiinn

Memasuki Kota Wali

Tapi bukan Wali Band yah kawan

Masjid yg penuh histori

Oemank di depan Makam Sunan Kalijaga

Adhoel di depan Makam Sunan Kalijaga

Selesai Ziarah di Makam Sunan Kalijaga Demak, kami melanjutkan perjalanan menuju Kudus, tepat sekitar pukul 17.00 kami tiba di Kota Kretek yaitu Kudus, kami sangat terkesan dengan gapura selamat datangnya karena di desain secara futuristik sesuai dengan perkembangan era globalisasi saat ini, tepat setelah adzan maghrib kami tiba di Menara Kudus dan langsung Ziarah Ke Makam Sunan Kudus kudus yang berada di area Menara Kudus tersebut dan misi ketigapun alhamulillah terlaksanakan. Sekitar pukul 20.00 kami melanjutkan perjalanan menaiki gunung Muria dengan suasana listrik mati sampai tiba di komplek pemakaman Sunan Muria yang berada di atas gunung dan kamipun memutuskan utk langsung berziarah ke Makam Sunan Muria karena kami yakin bahwa kondisi jalan saat turun makin sepi dan misi ke empat akhirnya terlaksanakan pula.

Gapura Selamat Datangnya Kota Kretek ini alias Kudus kerennya kebangetan dah
world classssssss

Menara Kudus yang penuh sejarah

Makam Sunan Muria di atas gunung ...brrrrrr tiis

Kita lupa peci ya brooooooo

Setelah selasai ziarah di Makam Sunan Muria, Sekitar pukul 22.00 dengan melewati jalan sepi akhinya kami melanjutkan perjalanan, dengan kondisi kebingungan harus beristirahat dimana, akhirnya kami lanjutkan perjalanan sampai tiba di Kabupaten Pati dan memutuskan utk beristirahat di sebuah masjid di daerah Juwana, selepas sholat subuh kami melanjutkan perjalanan menuju Masjid Agung Tuban, setelah melewati keindahan pantai di jalur Rembang – Tuban dan kami memutuskan istirahat sejenak utk sarapan pagi di sisi laut utara jawa. Sekitar pukul 09.00 akhirnya kami memasuki wilayah Provinsi Jawa Timur dan kota yang kami datangi pertama yaitu Tuban utk sekalian melaksanakan sholat jum’at di Masjid Agung Tuban serta berziarah ke Makam Sunan Bonang yang berada satu komplek dan misi kelima ziarah pun terlaksanakan juga.. ohhh nooo, sebelum ke masjid Agung Tuban kami sempat bablas sejauh 14 Km menuju Gresik karena navigator yaitu Oemank tidak siap siaga..hahaaaa

Duo Ngaprak Sampe Jawa Timur kawaaaaaaan.... Alhamdulillahh

Jempol tetap eksis

Semangat lah broooooo

Pintu masuk ke makam Sunan Bonang

Ekspresi ente cakeppp broooo

Selepas ziarah dan sholat jum’at di Tuban, kami meneruskan perjalanan menuju wilayah Kabupaten Lamongan untuk melanjutkan ziarah ke Makan Sunan Drajat, sesampainya disana kami langsung melaksanakan sholat ashar terlebih dahulu dan selesai ziarah kami lanjutkan dengan menunaikan sholat maghrib di masjid yang berada di komplek pemakaman Sunan Drajat, misi ke enam ziarah ke makam 9 wali pun terlaksanakan pula dan kami memutuskan untuk bersitirahat di rumah teman semasa sekolah Adhoel dulu yaitu saudara Anam, dengan kondisi jalan yang sepi serta melawati kebun jati dan pesawahan akhirnya kami sampai di Desa Miru Kecamatan Sekaran Kab. Lamongan utk bersilaturahmi dan beristirahat, sekitar pukul 07.00 kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Gresik untuk berziarah di Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik serta melaksanakan sholat dzuhur dan misi ke tujuh dan ke delapan ziarah ke makam 9 walipun terlaksanakan, kini tinggal satu makam lagi yang belum kami ziarahi yaitu makam Sunan Ampel yang berada di Surabaya, dengan menelusuri utara Surabaya, akhirnya tepat waktu ashar kami tiba di Makam Sunan Ampel dan dilanjutkan dengan berziarah di makam Sunan Ampel.

Duo Ngaprak semakin jauh hingga ke Lamongan

Duo Ngaprak di Lamongan

Makam Sunan Drajat, Lamongan

Istirahat di rumah Anam.. Ds. Miru Kec. Sekaran Kab. Lamongan

Gerbang Masuk Makam Sunan Giri di Kec. Kebomas Gresik

Selamat Datang di Makam Sunan Giri di Kec. Kebomas Gresik

Komple Makam Sunan Gresik

Lokasi Komplek Makam Sunan Gresik dekat Alun-Alun Gresik

Tibalah di Ibukota Jawa Timur.... Surabaya !!!!

Selepas ziarah di Makam Sunan Ampel

Kumel amat broooo hahhaaaa

Alhamdulillah berkat ridho Allah SWT serta tekad dan keikhlasan dengan menelusuri jalan dari Kepuh Saga Balaraja Tangerang Banten hingga Surabaya Jawa Timur, akhirnya kami bisa Wisata Religi berziarah ke makam Waliyullah yang tersebar di Pulau Jawa dengan berharap karomah dan mendapatkan hikmah dari perjalanan ini.

Selanjtunya, setelah misi ziarah makam 9 wali terlaksana maka kami lanjutkan Ngaprak ini dengan misi selanjutnya yaitu untuk berwisata. Selepas ziarah di makam sunan yang terakhir yaitu Sunan Ampel, kamipun mengunjungi Monumen Kapal Selam Senoepati 401 yang terletak di pusat Kota Surabaya. Dengan melewati keramaian sore Kota Surabaya dan melewati salah satu Stadion bersejarah bagi persepakbolaan Indonesia yaitu Stadion Gelora 10 November Tambak Sari Surabaya, sekitar pukul 4 sore akhirnya kami tiba di Monumen Kapal Selam dan melihat isi kapal selam tersebut. Sekitar pukul setengah 7, kami lanjtukan Ngaprak menuju Sidoarjo untuk bersilaturahmi seklaigus ngapel alias nganjang ke rumah cem-cemannye Bro Oemank....haahaaaaaa, melalui perjalanan yang indah, Bro Oemank bersemangat menggas Yamaha Vixion dan akhirnya tiba di rumah May (Cem-ceman Oemank) di wilayah Rejeni Sidoarjo, sesampainya disana kami disuguhkan makanan yang sudah disiapkan dan berlanjut numpang mandi serta sholat ditambah numpang tidur pula..hahhaaaaa.

Markasnya Bonex.. Salam dari Banten..heee

Ziarah beres, saatnya berwisata

Di dalam Kapal Selam Senoepati 401
Dybala Mask bareng May (KABOGOHNA OEMANK)

kemudian esoknya tepat sekitar jam 7 kami melanjutkan Ngaprak kami menuju Gunung Bromo, dengan menelusuri kemacetan jalan dari Sidoarjo menuju Tumpang malang dan sempat berhenti di Asrama Kostrad Singosari untuk bertemu kawan sekampung yang tugas disana yaitu Roy, namun akhirnya tidak terealisasi karena beliau juga sedang berwisata di Bromo, akhirnya kami putuskan untuk langsung ke Bromo, sekitar jam 2 siang kami memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan tanpa basa–basi langsung berpose ria ditengah savana dan lautan Pasir Bromo sampai akhirnya menjelang maghrib kami kebingungan antara menginap atau kembali melanjutkan Ngaprak. Setelah lama berdiskusi, dengan tekad yang kuat dengan melewati kesepian jalan berliku dengan hamparan jurang yang curam kamipun memutuskan untuk turun hingga akhirnya sampai di kota Probolinggo dan melaksanakan sholat qodho magrib dan isya.

Rehat di sekitaran Pasar Lawang, Malang

Sampailah kita di Bromo kawan

Dybala Mask di padang Savana Bromo

Berkibarlah Logo Kita

Melintasi Lautan Pasir Bromo

Perjalanan Panjang dari Kepuh Saga Balaraja, akhirnya Duo Ngaprak mengibarkan bendera kebesaran di lautan Pasir Bromo

MENUJU ARAH PULANG KE KEPUH SAGA BALARAJA

Sholatpun selesai kami melanjtukan perjalan menuju arah pulang hingga akhirnya memasuki kawasan kota Pasuruan, disana kami sempat singgah di posko milik Dinas Perhubungan namun baru saja sekitar 1 jam beristirahat kami harus terusir dikarenakan posko yang ada malah dibubar, dengan melihat jam sudah memasuki pukul 11 malam kamipun putuskan untuk melanjutkan jalan hingga jam 1 malam kami tiba di Mojokerto, dengan jalan yang semakin sepi dan fisik yang sangat lelah kamipun kembali kebingungan harus beristirahat di mana, kemudian kami coba berhenti di sebuah Polsek xxxx (Nama Polsek Kami Sensor Saja Lah) untuk menumpang istirahat setidaknya sampai adzan subuh, setelah bernegosiasi dengan Polisi yang sedang melaksanakan piket dengan memeriksa semua barang yang kami bawa akhirnya kami diperkenankan untuk beristirahat di Polsek tersebut, namun hal yang kami dapatkan di Pasuruan kembali kami alami, sekitar 10 menit berisitirahat kamipun diperkenankan untuk meninggalkan Polsek tersebut dgn berbagai pertimbangan dari pihak kepolisian, dengan hati legowo dan ikhlas Lillahi ta’ala kamipun bergegas meninggalkannya walaupun bercampur sedikit perasaan sedih entah dosa apa hingga kamipun mendapatkan perjalanan yang sulit pada malam satu ini. Akhirnya kamipun pergi namun selang beberapa puluh meter dari Polsek terebut Allah seolah memberi pertolongan, kami menemukan mesjid dengan seorang marbot yang sudah tua sedang menyirami pohon di depan mesjid tersebut, kamipun coba langsung menghapirinya untuk menumpang istirahat, dengan bicara jujur apa adannya bahwa kami habis ziarah, si bapak tersebut dengan kesederhanaanya mempersilahkan kami untuk istirahat di mesjid tersebut hingga pas adzan subuh kamipun di bangunkan untuk sholat subuh.. Alangkah bersyukur dan  berterimakasih nya kami kepada bapak baik hati tersebut, setelah selesai sholat subuh kami dipersilahkan untuk beristirahat kembali karena perjalanan menuju Kepuh Saga Balaraja Tangerang Banten itu masih jauh, namun kami meminta izin utk menumpang mandi saja dan tidak melanjutkan istirahat, tepat sekitar jam 7 dengan rasa yang begitu haru kamipun berpamitan dengan Bapak tersebut utk melanjutkan perjalanan menuju Jogjakarta.

Arah pulang melintasi Kota Probolinggo

Masjid tempat rehat di wilayah Mojokerto

Dengan melewati beberapa kota seperti Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Sragen, Solo hingga Klaten kurang lebih sekitar jam 3 sore kami tiba di Provinsi D.I Yogyakarta dan langsung menuju pemandian air dingin yaitu di Blue Lagoon yang berjarak sekitar 8 KM dari Gapura Selamat Datang di Yogyakarta. Setelah selesai disana, selepas maghrib kami melanjutkan Ngaprak ini ke Malioboro untuk sedikit membawa buah tangan bagi keluarga di rumah,. (Oya, ini kali kedua kami ngaprak ke Jogja, setelah 4 tahun lalu sempat kesini namun dengan naik kereta api), setelah tiba kami langsung memarkirkan Yamaha Vixion di Parkiran Abu Bakar Ali Jogaja dan kemudian berjalan menikmati suasana kermahan Jogja  dan berbelanja di Pasar Malioboro. Lelah kamipun tak terpatahkan lagi hingga akhirnya kami tertidur di depan parkiran tersebut hingga adzan subuh, namun alangkah kagetnya kami setelah bangun motor yang di parkir tidak ada lokasi hingga kami kebingungan dgn mencari informasi kesana kemari, kemudian kamipun menemui titik terang bahwa motor kami dimasukan ke ruangan khusus bagi yang parkir lebih dari jam 12 malam.

Arah Pulang melintasi Jombang

Helmnya doang yang ada di Nganjuk... huuuhhhh

Rek kamana ..ka MADIUN...kolot di Kepuh sok kitu tah

Ngawi kotanya si Angga Ato

Selamat Datang di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta...horeeee

Tugu ini tepat di depan kawasan Candi Prambanan ya kawan

Habis papanasan jadi seger

Seger kan broooo

Tempat ini viral di Instagram

Belanja oleh-oleh dulu lah..hahahaa

Berwisata Jogja lagi brooo, setelah 4 tahun lalu kita juga di tempat ini kawan.

Habiskan Ngaprak kita di Jogja
*Abaikan Kaos Biru... hhhaaahhaaa The Power of Emak-Emak

Setelah menunggu hingga pukul 9 pagi motorpun dikeluarkan dari ruangan tersebut dan kamipun bergegas meninggalkan Jogja dengan melanjutkan perjalanan menuju Kepuh Saga Balaraja Tangerang Banten, dengan melewati beberapa Wilayah seperti Kulon Progo, Purwokerto, Kebumen, Banyumas hingga Cilacap akhirnya sekitar pukul 4 sore kamipun tiba diperbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat tepatnya di Kota Banjar dan beristirhat sejenak kemudian sebelum maghrib lanjutkan menuju Ciamis dan Tasikmalaya dengan melintasi macet dan ekstrimnya jalur Tengkorak di wilayah Gentong hingga Nagreg pada malam hari, sempat sedikit lelah kamipun putuskan beristirahat sejenak di wilayah Limbangan untuk ngopi dan mandi sebelum akhirnya sekitar jam 9 malam kami tiba di Kabupaten Bandung dan Bro Oemank terus menggas motor hingga sekitar pukul 1 kami sampai di Cipanas Cianjur, lelah kami kembali memuncak dan memutuskan untuk kembali istirahat sebelum memasuki kawasan Puncak dengan tikungannya yang sangat tajam.

Meninggalkan Jogja hingga memasuki Cilacap

Perjalanan Pulang via Jalur Selatan Jawa

Menikmati perjalanan panjang yang indah

Rehat bentar brooo

2 Tahun lalu kita juga photo di sini kan Brooo

Tidur saja jika lelah, sekalipun di depan kios.. Cipanas Puncak Cianjur

Dingin ya Broo

Setelah kami rasa cukup beristirahat, jam 5 subuh kami lanjutkan perjalanan dari Cipanas menuju Kepuh Saga Balaraja dengan merasakan dingin dan melintasi tajamnya belokan di Puncak dan sejuknya hawa Kota Bogor, sekitar jam 7 akhirnya kami tiba di Parung Kabupaten Bogor dengan berhenti sejenak untuk sarapan dgn membeli roti di Alfamart. Setelah sarapan, perjalanan pulangpun kami lanjutkan,,, Perasaan gembira setelah tiba di Provini asal kami yaitu Banten dan kota pertama yang disinggahi yaitu Kota Tangerang Selatan, dengan menelusuri keramaian jalan Tangsel karena sudah memasuki hari kerja kamipun memasuki kawawsan KABUPATEN TANGERANG.

Sarapan dulu di Parung Kab. Bogor

Tiba di perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Banten

Ramainya Kota Tangerang Selatan di pagi hari

Cekrek-cekrek gk jelas ni bro Oemank

Kawasan Pusat Bisnis Kabupaten Tangerang

BSD CITY Kabupaten Tangerang

sampailah di jalan menuju kantor Bupati Tangerang

Hari itu, Rabu tanggal 5 Juli 2017 sekitar jam 9 pagi  dengan perasaan penuh suka cita, akhirnya tiba dirumah kami yaitu di KP. KEPUH DS. SAGA KEC. BALARAJA. tempat dimana mengawali NGAPRAK Keliling Pulau Jawa ini. Tentu hal yang pertama kami ucapkan yaitu rasa syukur alhamdulillah karena bisa tiba dengan selamat dan bisa kembali bertemu keluarga kami tercinta, walaupun tidak membawa buah tangan yang begitu diharapkan.

Tiba di Flyover Balaraja Kabupaten Tangerang

Di Kandang Duo Ngaprak mah bebas ya Broo hahaha

Haruskah numpang istirahat lagi di Polsek ??

Jalan Desa Saga - Bunar

Bawa KLX mah cocok nih broo.. Jalan Saga - Bunar tepatnya di kampung Duo Ngaprak yaitu Kampung Kepuh brooo

Tentunya Duo Ngaprak Around the Java ini memilki kesan tersendiri bagi kami, mulai dari pengalaman, kemandirian, kesetiakawanan, kekeluargaan dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan karena rasa syukur  kami ini.
Terima kasih telah mengikuti perjalanan panjang kami ini, Insya Allah kami akan selalu membagi cerita kami jika selesai NGAPRAK.

SALAM SATU ASPAL
SALAM DUA RODA
SALAM DUO NGAPRAK

*Catatan
Waktu 8 Hari
Jarak Tempuh Lebih dari 2.300 KM
Jalur / Route, Berangkat via Pantura, Pulang via Selatan
Bahan Bakar menghabiskan sekitar Rp. 420.000 (Pertalite Rp. 7.500/liter)
Melintasi 6 Provinsi (Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I Yogyakarta)
Melibas sekitar 59 Kabupaten / Kota di Pulau Jawa dengan rincian :

• Allah SWT
  • Orangtua
  • Keluarga
  • Sahabat (Terutama Mul di Cirebon, Anam di Lamongan dan May di Sidoarjo)