Tempat Wisata di Tangerang

Tempat Wisata di Tangerang - Sebenarnya ada banyak tempat wisata di Tangerang yang menarik untuk di kunjungi. Namun kurangnya promosi menyebabkan tempat-tempat wisata tersebut kurang terkenal di kalangan masyarakat. Tangerang sebagai kota terbesar di provinsi Banten menyimpan potensi wisata yang sebenarnya dapat dikembangkan dan tidak kalah dengan provinsi lainnya di pulau Jawa. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Travellesia akan membahas beberapa tempat wisata di kota Tangerang, semoga dapat membangkitkan minat anda untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Simak ulasannya berikut.

Masjid Al-Adzom


Tempat Wisata di Tangerang


Adalah Masjid terbesar di Kota Tangerang. Masjid ini memiliki kubah yang sangat besar bahkan terbesar di kawasan Asia. Masjid yang dibangun sejak tahun1997 ini dapat menampung kapasitas jamaah sampai 15.000 orang.

Masjid ini merupakan lokasi favorit warga sekitar untuk berwisata religi atau untuk sekedar beribadah dan menikmati keindahan masjid dengan berfoto. Keunikan masjid ini menjadi daya tarik utama banyak orang yang berkunjung kesana.

Bendung Pintu Sepuluh


Tempat Wisata di Tangerang dan Sekitarnya


Bendungan ini diberi nama pintu sepuluh karena  memiliki  sepuluh pintu air dengan lebar masing-masing pintu adalah 10 meter. Bendungan ini terdapat di sungai Cisadane, berfungsi sebagai pengatur aliran air untuk berbagai kebutuhan irigasi, terutama untuk kebutuhan pertanian.

Bendungan ini merupakan bendungan bersejarah yang di bangun pada masa kolonial Belanda. Berlokasi dekat dengan Masjid Pintu seribu yang juga merupakan tempat wisata menarik di Tangerang.
Bendungan ini biasanya ramai dikunjungi warga untuk bersantai menikmati pemandangan sore hari, atau menghabiskan waktu di akhir pekan.

Masjid Pintu Seribu


Tempat Wisata di Tangerang dan Sekitarnya


Masjid yang sudah ada sejak masa kesultanan Banten ini memiliki keunikan tersendiri pada arsitektur bangunannya. Ciri khas utamanya adalah banyaknya pintu yang terdapat di masjid ini. Oleh karena itu masjid ini dinamakan masjid seribu pintu. Telah berdiri sejak tahun 1978, masjid ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan keunikan dari masjid ini. Banten memang terkenal dengan wisata religinya, mengingat Banten dahulunya merupakan pusat penyebaran agama islam di pulau Jawa. Di masjid ini ada sebuah ruangan di bawah tanah di mana di dalamnya terdapat sebuah tasbih raksasa yang dibuat dari kayu dengan diameter 10 sentimeter pada setiap butir tasbihnya. Tempat wisata yang unik dan menarik untuk dijadikan destinasi wisata religi.

Taman Wisata Tanjung Kait


Tempat Wisata di Tangerang dan Sekitarnya


Mungkin banyak yang tidak tahu salah satu objek wisata bahari yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Tangerang ini. Pantai Tanjung kait merupakan salah satu objek wisata pantai di daerah Tangerang yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Anda dapat bermain pasir di bibir pantainya yang bersih,atau menikmati makanan khas laut yang dijajakan di rumah makan yang banyak terdapat di sekitar pantai ini. Bagi anda yang memiliki hobi memancing, pantai ini dapat dijadikan salah satu spot memancing yang menarik. Selain itu anda juga dapat menyewa perahu untuk menikmati keindahan laut atau menyeberang menuju pulau indah bernama Pulau Cangkir.

Pulau Cangkir


Tempat Wisata di Tangerang dan Sekitarnya


Pulau cangkir merupakan salah satu objek wisata religi yang terdapat di sekitar Tangerang. Disebut sebagai pulau cangkir karena konon bentuk pulau ini menyerupai cangkir. Pulau seluas 4,5 ha ini menjadi tempat wisata ziarah karena terdapat makam Syeikh Waliyuddin yang merupakan ulama penyebar agama islam yang terkenal di Banten.

Untuk sampai ke pulau ini anda harus menyeberang menggunakan perahu dari kawasan pantai Tanjung Kait atau kawasan TPI Kronjo. Dengan biaya Rp.6000 saja.

Taman Wisata Tanjung Pasir


Tempat Wisata di Tangerang dan Sekitarnya


Tanjung pasir berdekatan dengan lokasi wisata Tanjung kait yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Tanjung pasir disebut juga sebagai 'ancol'nya kota Tangerang. Karena ramainya pengunjung yang datang ke objek wisata ini. Memang fasilitasnya tidak selengkap jika anda berkunjung ke Pantai Ancol namun pemandangan alam di sini tidak kalah menarik. Selain itu anda dapat menikmati makanan seafood dengan harga yang relatif murah di sekitar pantai ini. Dengan kocek 15.000 rupiah saja, anda dapat menikmati lezatnya ikan bakar yang menjadi makanan favorit di pantai ini.

Keramat Tiga Raksa


Tempat Wisata di Tangerang dan Sekitarnya


Salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di Tangerang. Di kawasan wisata ini anda dapat berjumpa dengan banyaknya monyet yang hidup di daerah ini. Anda dapat  mengabadikan bercengkerama dan memberi makan monyet-monyet tersebut, atau sekedar berfoto mengabadikan momen di lokasi wisata ini.
Banyak wisatawan berkunjung ke sini karena lokasinya yang cukup jauh dari keramaian kota sehingga suasananya masih asri dan alami.

Di kawasan ini juga terapat beberapa makam seperti makam Syeikh Mas Masad, selain itu ada juga makam beberapa tokoh dri kerajaan Padjadjaran seperti Nyimas Gandasari, Mayangsari, dan Raden Mangkubumi.

Tanah Suci Tanara

Tempat Wisata di Tangerang dan Sekitarnya


Disebut sebagai tanah suci karena tempat ini merupakan makam dari Syeikh Nawawi Al Bantaini. Tempat inicjuga merupakan salah satu lokasi wisata religi yang ada di sekitar Kota tangerang.
Banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini sekedar untuk berziarah atau berdoa di makam syeikh tersebut.


Demikian beberapa tempat wisata di Tangerang yang dapat anda jadikan pilihan untuk dikunjungi jika berlibur ke kita ini.
Previous
Next Post »